Teknologi Kapal Bertenaga Surya

KAPAL BERTENAGA SURYA. Selamat malam sahabat tekno, pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang teknologi kapal bertenaga surya. Di tahun 2015 ini sudah banyak Teknologi yang mampu diciptakan oleh tangan tangan manusia, tidak terkecuali di Indonesia. Salah satunya yaitu kapal bertenaga surya. kapal ini dibuat oleh mahasiswa ITS dari Indonesia yang  akan berlaga didalam Yanagawa Solar Boat Festival 2015 di Fukuoka, Jepang, pada awal Agustus 2015  lalu.

Kapal yang  bernama Batharasuraya Solar Boat ITS ini memiliki panjang 3,5 meter, lebar 0,8 meter, dan tinggi 0,64 meter. Kapal bertenaga surya ini akan siap bersaing  dalam tiga kategori perlomba. Ketiga kategori itu adalah Circular Course, Sprint, dan Slalom. Kapal ini mungkin akan bisa bersaing dalam perlombaan yang akan dilaksanakan di Fukuoka, Jepang, pada  awal Agustus mendatang.
Kapal Bertenaga Surya
                                                                                                                                               
Teknologi bertenaga surya ini memiliki fasilitas solar panel yang kapasitasnya sebesar 100 watt-peak. Dengan kapasitas tersebut, kapal Batharasurya ini dapat melaju dengan kecepatan 0,003  kilometer per detik atau setara dengan 5 knot. Badan kapal ini terbuat  dari bahan serat dan resin sertatambahan  karbon yang menjadikan kapal ini lbih ringan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Herman Sasongko ikut hadir untuk menyemangati anggota yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersubut. Para mahasiswa ITS  mengatakan bahwa kemenangan bukanlah tujuan utamanya. Tapi yang terpenting adalah bagaimana caranya kita dapat mendidik mahasiswa agar mereka bisa berkompeten dalam bidangnya.
Kapal Batharasuraya ini memiliki teknologi yang sudah canggih, seperti penjelasan yang ada di atas. Kapal itu akan menjadi salah satu karya dari mahasiswa Indonesia yang patut di banggakan karena kreatifitasnya, kapalini juga ikut apreseasi dalam ajang kompetisi internasional yang sudah diselenggarakan agustus 2015 lalu.

Sekian Informasi yang dapat saya sampaikan, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda semua.
Baca Artikel Terkait :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Kapal Bertenaga Surya"

Post a Comment