Istilah Istilah dalam Linux



Selamat Sore Sahabat Tekno, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa Istilah Istilah yang ada pada Sistem Operasi Linux. Nah.. bagi anda pengguna sistem operasi Linux, pasti masih banyak Istilah Istilah dalam Sistem Operasi Linux yang belum anda pahami. Maka dari itu saya akan membahasnya dalam artikel ini.

Sistem Operasi merupakan bagian yang cukup penting dalam Komputer, jika tidak ada Sistem Operasi, Komputer sangat sulit digunakan. Maka dari itu diciptakanlah Sistem Operasi untuk membantu mempermudah pengguna untuk menggunakanya, ada banyak Sistem Operasi yang diciptakan seperti Windows, Mac OS, dan Linux.

Istilah Istilah dalam Linux
Sistem Operasi Linux
Sistem Operasi yang cukup banyak penggunanya di dunia adalah Linux. Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang cukup Populer di dunia, jadi banyak orang di dunia yang memilih Linux untuk digunakan dalam komputernya.

Dari berbagai Pengguna Linux di dunia, masih banyak pengguna yang masih belum mengenal Istilah Istilah penting didalam Linux. Berikut Istilah Istilah dalam Linux.


  • Terminal
Terminal, merupakan suatu Aplikasi yang digunakan untuk memberikan perintah  kepada sistem operasi dengan serangkaian perintah yang di input menggunakan keyboard dan monitor. Terminal digunakan sebagai antarmuka  untuk mengontrol sistem operasi Linux.
  • Console
Console, yaitu terminal yang digunakan untuk pengendalian/ remote sistem yang sedang berjalan di server. Pengendalian sistem ini dapat dilakukan dengan menggunakan Aplikasi PuTTY atau juga bisa menggunakan telnet dari Windows dengan menggunakan CMD ( Command Prompt ) DOS. Pengendalian jarak jauh hanya dapat dijalankan ketika Linux sudah terhubung ke jaringan dan terminal jarak jauh serta harus dilengkapi dengan paket Aplikasi telnet atau ssh yang terdapat dalam sistemnya.
  • Account
Account, adalah bagian yang terdiri dari  Username dan Password yang digunakan untuk masuk dan melakukan Akses  kedalam sistem Komputer. 
  • Username
Username, merupakan nama pengguna yang digunakan untuk login dalam sistem Linux, Username tidak boleh sama dalam satu sistem Linux. 
  • Password
Password, merupakan sandi rahasia yang hanya diketahui oleh user untuk masuk/login  ke dalam sistem linux .
  • Login
Login, merupakan Proses pemberitahuan kepada user Linux bahwa sistem sudah siap digunakan dan User diperintahkan untuk masuk ke dalam sistemnya dengan memasukkan Username serta Password.
  • Logout
Logout, merupakan suatu perintah untuk menghentikan kegiatan user dalam Linux secara total, Logout digunakan setelah pengguna telah selesai melakukan kegiatan.
  • Shell
Shell, adalah area kerja yang menjadi tampilan interface atau sebagai penghubung antara pengguna saat memberikan sebuah perintah kepada komputer dengan sistem operasi linux yang berupa perintah tunggal berbasis teks.
  • Prompt
Prompt, merupakan sarana penghubung untuk memberikan suatu perintah kepada sistem operasi linux.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Istilah Istilah dalam Linux, Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi anda.

Baca Artikel Terkait :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah Istilah dalam Linux"

Post a Comment