Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi



Selamat Sore Sahabat Tekno kali ini saya akan menjelaskan tentang Pengetian dan Fungsi Sistem Operasi dalam Komputer. Komputer merupakan salah satu Teknologi yang paling penting bagi setiap orang untuk mempermudah mengerjakan tugas tugas tertentu, maka dari itu para Ahli Komputer selalu menciptakan Inovasi untuk mempermudah penggunaan Komputer tersebut.  Pada awal diciptakanya Komputer, komputer masih sangat susah untuk digunakan dan fungsinya juga masih minim. Maka dari Itu diciptakanlah Sistem Operasi untuk mempermudah penggunaan Komputer.

Macam macam sistem operasi
Sistem Operasi

SistemOperasi atau sering disebut juga dengan OS ( Operating System ) merupakan suatu susunan sintaks pemrograman yang diatur dan memiliki logika tertentu dalam file format yang berfungsi untuk melakukan kontrol serta memanajemen hardware dan operasi operasi dasar pada sistem Komputer.

Seiring perkembangan Teknologi, Sistem Operasi tidak hanya sekedar untuk mengontrol hardware serta operasi dasar pada Komputer tetapi juga untuk menjalankan software software Aplikasi dan juga Browser.SIstem Operasi berfungsi sebagai Interface antara pengguna ( User ) dengan hardware ( Perangkat Keras ) Komputer, sistem operasi juga digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi pengolah data, grafis, dan video, suara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Didalam Sistem Operasi terdapat berbagai proses, seperti akses ke Disk, manajemen memori, Scheduling task ( daftar kerja ), dan antarmuka pengguna dengan Hardware. Dalam Sistem Operasi terdapat " Kernel "  yang berfungsi untuk melakukan fungsinya. Kernel merupakan serangkaian kode yang berfungsi untuk mengatur sumber daya hardware, mencegah terjadinya konflik antar program Aplikasi. serta mencegah konflik antara komputasi dengan User yang sedang login dalam Komputer.

Sistem Operasi yang paling banyak digunakan dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :Windows, merupakan Sistem Operasi yang diciptakan dan dikembangkan oleh Perusahaan Microsoft yang bersifat Komersial dan terdiri dari berbagai versi, sampai saat ini Windows memiliki versi yang cukup banyak, meliputi Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows  2000, WIndows XP, Windows Server 2003, Windows 7, Windows 8 dan versi terbarunya yaitu Windows 10.Unix / Linux, merupakan Sistem Operasi yang bersifat mudah digunakan, system tasking, multi user, dan fleksibilitas. Unix merupakan awal dari berkembangnya Sistem Operasi, jadi tidak heran jika banyak Sistem Operasi turunan Unix seperti SCO Unix, BSD, GNU Linux, dan Mac OS dan masih banyak lainya.Mac OS, merupakan Sistem Operasi keluaran Apple yang sering disebut dengan Machintos ( Mac ) dengan versi terbaru yaitu Mac OS x versi 10.5 yang dikenal dengan nama Snow Leophard.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Sistem Operasi dan Fungsinya , semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.Baca Artikel Terkait :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi"

Post a Comment