Pengertian Output Device

Siang sahabat Teknologi, Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Pengertian Output Device, Jenis jenis Output Device, Contoh Output Device dan Fungsi dari Output Device. Seperti yang kita ketahui bahwa komputer terdiri dari beberapa komponen yang disebut Organisasi Komputer, Organisasi Komputer itu sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Input Device (baca : Pengertian Input Device), Output Device dan Proses Device,  pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Pengertian Input Device, sebagai kelanjutannya sekarang saya akan mengulas tentang Output Device. Output Device (Perangkat Keluaran) adalah Peralatan yang berfungsi sebagai media keluaran baik berupa gambar, media cetak, maupun suara, Peralatan yang digolongkan sebagai Output Device antara lain Monitor, Speaker, Printer dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak keterangan di bawah ini :

pengertian output device
Output Device
Jenis-jenis Output Device yaitu :
·    Drive Speaker (Driver), adalah alat Output yang digunakan untuk merekam symbol berupa suara dan gambar serta hanya dapat dibaca oleh mesin dari media tertentu, Contoh dari Drive Speaker yaitu Magnetic tape, Magnetic tape merupakan salah satu Unit Output yang tergolong Drive Speaker.

·       Hard Copy Device, adalah Unit Output yang digunakan untuk mencetak gambar maupun tulisan dari Komputer ke media cetak seperti kertas atau film, Hard Copy Device adalah alat Output yang hasilnya bersifat permanen dan portable yang artinya hasil keluaranya dapat dibawa kemana saja karena hasil keluaranya tidak menempel pada alat Output-nya.   Contoh alat Output berjenis Hard Copy Device adalah Printer, Mikrofilm, dan Plotter.

·       Soft Copy Device, adalah Unit Output yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran berwujud sinyal elektronik yang dapat berupa gambar dan suara, Soft Copy Device merupakan alat Output yang hanya dapat ditampilkan setelah melalui proses didalam prossesor yang kemudian dikeluarkan berupa sinyal elektronik.contoh alat Output berjenis Soft Copy Device adalah Monitor, Flat Panel dan Speaker.

Contoh-contoh Output Device yaitu :
·       Monitor, adalah Unit Keluaran yang digunakan untuk menghasilkan gambar maupun suara yang berwujud sinyal elektronik dan dihasilkan setelah melalui Proses di dalam CPU, Hasil keluaran monitor merupakan data yang dimasukan yang telah diolah oleh Prosessor (baca : Pengertian dan Fungsi Prosesor). Monitor memiliki berbagai macam jenis dan bentuk, tetapi seiring perkembangan Teknologi, saat ini Monitor hanya diproduksi dalam dua bentuk yaitu Monitor CRT ( Cathode Ray Tube ) atau Flat Panel seperti TFT LCD, Monitor CRT sekilas terlihat seperti Televisi karena bentuknya yang menyerupai televisi secara umum yang mempunyai 4 blok yaitu video, horizontal, vertical dan power supply. Monitor LCD ( Liquid Crystal Display ), adalah Monitor yang paling umum digunakan saat ini karena Monitor ini memiliki system kerja khusus dimana menggunakan cairan Kristal khusus yang akan berpencar sehingga membentuk warna dan bentuk ketika dilalui oleh sinyal listrik. Kinerja Monitor LCD lebih jauh dibandingkan dengan Monitor CRT dan tentunya harganya pun jauh berbeda.

·        Printer, adalah salah satu Output Device yang tergolong sebagai Hard Copy Device karena fungsinya yaitu mencetak tulisan dan gambar kedalam satu media cetak seperti kertas, Printer memiliki jenis yang beragam dan tentunya cara kerjanya berbeda, berikut jenis jenis printer :

-    Printer Dot Matrix, merupakan Printer yang  kerjanya menggunakan jarum, Jarum jarum tersebut terdiri dari 7,9 atau 24 jarum yang tersusun secara vertical, kerjanya yaitu dengan jarum yang menekan pita dan akan menghasilkan tulisan dengan kecepatan yang sangat cepat sehingga menghasilkan pola yang membentuk tulisan pada kertas.

-     Printer Ink Jet, merupakan salah satu Printer yang sering digunakan saat ini karena Distribusinya mencakup di berbagai penjuru dunia, Printer Ink Jet bekerja menggunakan Tinta yang nantinya akan dipanaskan didalam Printer yang nantinya akan membuat gelembung-gelembung dan akan menempel ke kertas sehingga hasil cetakanya lebih jelas dan tebal.

-     Printer Laser Jet, merupakan Printer yang kualitasnya cukup bagus dibanding beberapa Printer lainya, Printer ini tidak bekerja menggunakan tinta tetapi dengan menggunakan bubuk toner yang akan diproses didalam Printer dengan menggunakan laser Infra merah.

·        Speaker, adalah alat Output yang menghasilkan suara dengan cara mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio yang diolah dengan cara menggetarkan komponen komponenya yang berupa selaput, Sebetulnya yang membedakan Speaker adalah tingkat ukuran dan keefisiennya serta tingkat kualitas suaranya yang berbeda antara Speaker satu dengan lainya.

·        Plotter, adalah salah satu Output Device yang fungsinya hamper mirip dengan Printer, tetapi yang membedakan Printer dengan Plotter adalah Kualitasnya dan tentunya ukuran gambarnya yang berukuran Ekstra besar.

Sahabat Teknologi, Sekian Penjelasan mengenai Pengertian Output Device. Semoga bermanfaat, menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang Output Device.

Author : Ans&Den

Baca artikel terkait :
·         Pengertian Client Server
·         Pengertian Hardware
·         Pengertian Software

Kata kunci : pengertian output device, output device, macam macam output device, jenis jenis output device, contoh-contoh output device, perangkat keluaran, unit keluaran, unit output.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Output Device "

Post a Comment