Mengidentifikasi Permasalahan Pada Jaringan



Selamat Sore Sahabat Tekno, kali ini saya memberikan sebuah informasi mengenai masalah masalah yang ada pada Jaringan Komputer dan cara menyelesaikanya. Dalam Jaringan Komputer mengidentifikasi permasalahan yang ada pada Jaringan sangat penting dan membutuhkan ketelitian tinggi untuk mendiagnosis permasalahannya.

Penyebab terjadinya Masalah Dalam Jaringan Komputer dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu Permasalahan Pada Hardware ( Perangkat Keras ), dan Permasalahan Software (Perangkat Lunak)


Permasalahan Hardware

 Didalam pembuatan Jaringan Komputer, perangkat keras seperti Hub, Switch, dan Server merupakan bagian yang sangat penting untuk pembuatan Jaringan. Adapun jenis jenis dan berbagai merk yang tentunya kualitasnya yang berbeda, Perangkat Keras juga berbeda beda tergantung Perusahaan dan bahan pembuatanya maupun vendor yang membuat peranti keras tersebut.
Masalah masalah yang mungkin terjadi pada hardware yang digunakan pada pembuatan jaringan seperti :

  • Tegangan Listrik.
Perbedaan tegangan listrik yang dibutuhkan hardware dengan besar voltase yang dikeluarkan oleh sumber listrik dapat memicu kerusakan pada hardware, dan juga ketidakstabilan tegangan listrik yang sering kali naik dan turun dan tiba tiba mati mempengaruhi kerusakan hardware tersebut.
Solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan menstabilkan tegangan listrik dengan menggunakan alat bantu untuk menyeimbangkan tegangan listrik yang akan diterima oleh Perangkat keras.
  • Suhu dan Temperatur.
Suhu dan Temperatur untuk meletakan perangkat keras dalam suatu jaringan juga salah satu pemicu kerusakan, karena suhu yang dihasilkan oleh perangkat keras dapat menjadi tinggi karena disebabkan pekerjaan peranti keras yang cukup berat.
Solusi untuk masalah tersebut yaitu mendinginkan suhu ruangan menjadi normal dengan menggunakan pendingin seperti AC maupun kipas angin

  • Letak Hardware.
Posisi meletakan Peranti Keras seperti Server, Hub dan Switch juga dapat berpengaruh terhadap kerusakan yang mungkin terjadi karena, jika anda meletakan Hardware tersebut di tempat yang sempit maka Hardware tersebut akan cepat panas dan dapat merusak komponen didalamnya, belum juga gesekan yang terjadi akan dapat merusak hardware tersebut.
Solusi untuk masalah tersebut yaitu memindahkan perangkat keras ke tempat yang ideal untuk meletakan hardware tersebut.

  •  Faktor Eksternal.
Faktor Eksternal juga dapat menyebabkan kerusakan piranti keras yang dapat menjadi masalah terhadap jaringan tersebut, seperti contohnya bencana alam yang tiba tiba terjadi, perangkat keras yang jatuh, pecah maupun kesalahan penanganan.
Solusi untuk masalah tersebut yaitu menghindari terjadinya faktor eksternal dengan cara meletakan hardware dengan posisi yang benar, mengatisipasi terjadinya kesalahan saat penanganan, melindungi hardware dengan pelindung seperti papan kayu dan lain lain.


 Permasalahan Software.

Tidak hanya permasalahan pada Perangkat Keras saja yang dapat terjadi pada Jaringan Komputer, tetapi juga permasalahan pada Software yang dapat terjadi seperti kesalahan konfigurasi IP Address, ketidak sesuaian perangkat keras dengan Driver yang terinstal, pengaturan waktu dan tanggal sehingga terjadi expired, ketidak cocokan paket Aplikasi dengan aplikasi lainya.

  • Ketidak sesuaian Driver yang digunakan dengan Perangkat keras dapat menimbulkan masalah karena driver jaringan yang tidak cocok terhadap hardware sehingga driver tidak dapat terinstal dalam Komputer.
Solusi untuk masalah tersebut yaitu menginstal driver yang cocok untuk di instal ke Komputer.

  • Kesalahan Konfigurasi IP Adrress, mengakibatkan tidak akan tersambungnya Komputer ke Jaringan, contohnya IP Address yang sama akan menyebabkan error dalam jaringan, kesalahan memasukan Subnet mask.
Solusi untuk masalah tersebut yaitu mengganti dan memasukkan IP Address yang benar dan berbeda di tiap Komputer dan memasukkan Subnet mask di kelas yang sama.

  • Kesalahan memasukan waktu dan tanggal juga  berpengaruh terhadap Pembuatan Jaringan mengakibatkan tidak aktifnya jaringan.
Solusi masalah tersebut yaitu mengganti waktu dan tanggal ke tanggal yang benar dan Up to date sehingga sistem tidak expired

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengidentifikasi masalah yang ada pada jaringan komputer, semoga bermafaat bagi anda.

Baca Artikel Terkait :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengidentifikasi Permasalahan Pada Jaringan"

Post a Comment