Manfaat Jaringan Komputer



Selamat Pagi Sahabat Tekno, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Fungsi FungsiJaringan Komputer. Jaringan Komputer tentunya sangat berguna bagi para pengguna Komputer, bayangkan jika dalam suatu gedung tinggi seseorang hendak mengirim data ke orang lain yang letaknya ada di lantai paling atas, apakah ia harus naik ke lantai paling atas tersebut..??
Tentunya akan sulit bukan jika kita hendak berkomunikasi maupun berbagi data tanpa hadirnya Jaringan Komputer. Nah.. sebelumnya kita harus mengetahui apa itu Jaringan Komputer serta Fungsinya bagi kehidupan  manusia.
Jaringan Komputer adalah hubungan antara satu komputer ke komputer lain yang menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lain menggunakan media transmisi sebagai alat penghubungnya.
Dengan adanya Jaringan Komputer kita akan lebih mudah mengirim data dari tempat ke tempat lain bahkan ke negara lain tanpa menggunakan kantor pos. prinsip kerja jaringan komputer yaitu mengirimkan data dari pengirim ke penerima melalui media komunikasi tertentu. 

Berikut Ini Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer :

  • Berbagi Informasi, Data, dan Sumberdaya 
Dengan adanya Jaringan kita dapat berbagi data ke orang lain yang lokasinya berada di tempat yang jauh hanya menggunakan sistem kerja Jaringan tersebut, kita juga dapat berbagi peralatan dan sumber daya seperti printer, scanner, dan harddisk.

  • Sebagai Media Komunikasi
Manfaat Jaringan juga sebagai media komunikasi, dengan jaringan seseorang dapat mengirim data dalam bentuk suara, video, maupun teks, seperti halnya saat kita chatting, video streaming, maupun mengirim e-mail.

  • Sebagai Media Pencari Informasi
Fungsi Jaringan Komputer juga sebagai media pencari informasi, dengan adanya Jaringan kita dapat dengan mudah mencari Informasi sesuai Informasi yang kita butuhkan. Mesin Pencari juga memanfaatkan Jaringan untuk mengolah data menjadi sebuah Informasi.

  • Sebagai Pengaman Data

Dengan menggunakan Jaringan, kita dapat mengamankan suatu data dan memberikan hak akses kepada orang tertentu terhadap data tersebut.

  • Mengintegrasi Data
Dengan Jaringan kita dapat memanfaatkan data lama dan letaknya dimanapun yang tersimpan di media penyimpanan, karena Jaringan dapat menyatukan data yang terpisah jarak dan waktu.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer, semoga menjadi wawasan dan pengetahuan bagi anda.

Baca Artikel Terkait


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Jaringan Komputer"

Post a Comment