Smudge Painting Dengan Photoshop


Sore sahabat teknologi, untuk melanjutkan tutorial desain hari ini saya akan memaparkan tentang cara membuat Smudge Painting Dengan Photoshop. Smudge merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam photoshop dengan tujuan untuk mengedit foto atau mengubah foto menjadi sebuah gambar lukisan. Banyak cara untuk membuat smudge menggunakan software photoshop, akan tetapi pada artikel ini saya menggunakan  salah satu cara yang (menurut saya) paling mudah diantara tutorial-tutorial atau cara yang lain.
Misalkan saya akan menerapkan teknik smudge pada foto artis top Vino G Bastian (mohon ijin).
bahan foto
Foto Sebelum Editing
Setelah anda juga mempunyai bahan foto/gambar. Cermati 9 Langkah Mudah Membuat Smudge Painting (Smudge Art dengan photoshop) berikut ini :

Langkah Pertama
Masukan bahan foto ke photoshop. Buka photoshop klik file > open dan pilih foto yang akan dibuat smudge painting.

Langkah Kedua
Duplikat layer foto sebanyak 2x dengan menekan CTRL + J . Selanjutnya layer paling atas blending modenya diganti dari NORMAL ke SOFT LIGHT lihat gambar di bawah ini :
Duplikat Layer Foto
Duplikat Layer Foto
Langkah Ketiga
Gabungkan kedua layer tadi dengan menekan CTRL sambil di tahan kemudian klik kedua layer tadi  selanjutnya klik kanan pada mouse pilih marge layer lihat gambar di bawah ini :
Gabungkan dua layer yang sudah diduplikat
Gabungkan dua layer yang sudah diduplikat
Langkah Keempat
Klik image > andjutment > shadows/hightlight, kemudian centang show more option ubah amount dan midtones contrass lihat gambar di bawah ini :
tutorial photoshop
Ubah amount dan midtones contrass
Langkah Kelima
Sekarang proses smudge di mulai, buat layer baru lalu pilih smudge tool centang sampel all layerkemudian klik kanan mouse pada layer baru tadi, pilih create clipping mask. Smudge layer baru tersebut dan atur strength sesuai keinginan anda lihat gambar di bawah ini :
tutorial photoshop
Proses Smudge
Langkah Keenam
Gosok-gosok smudge di bagian wajah, rambut, dan baju. Dalam menggosok sebaiknya dilakukan secara pelan-pelan dan teliti.  Beginilah tampilan foto setelah proses smudge dilakukan :
tutorial photoshop
Gosok Smudge
Langkah Ketujuh
Klik menu filter pilih oil painting dan atur sesuai keinginan. Selanjutnya silahkan duplicut layer dan ubah blending modenya dari normal ke hard light seperti gambar di bawah ini :
tutorial photoshop
Ubah Blending Mode
Langkah Kedelapan
Pilih menu filter > other > high pass setelah itu atur radius sesuai keiginan anda. 
tutorial photoshop
Atur Radius pada filter high pass
Langkah Kesembilan
Langkah ini merupakan langkah terakhir. Silahkan marge semua layer dengan menekan CTRL + Ekemudian gosokan dodge tool di bagian yang terang dan brun tool di bagian yang gelap secukupnya. Lihat gambar di bawah ini :
tutorial photoshop
Proses Terakhir
Itulah beberapa langkah mudah dalam membuat Smudge Painting Dengan Photoshop. Sekian tutorial dari saya kali ini, semoga bermanfaat.

(bersambung)

Baca artikel terkait :

Kata kunci : cara, membuat, smudge painting, smudge art, tutorial, photoshop.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Smudge Painting Dengan Photoshop"

Post a Comment