Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk


Siang sahabat teknologi, melalui artikel ini saya akan mencoba memaparkan Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk. Selain menggunakan Windows 7 anda juga bisa menggunakan Windows 8 atau bahkan Windows Xp sesuai dengan keinginan. Bagi anda yang ingin melakukan instalasi sistem operasi (operating system) pada komputer atau netbook yang tidak dilengkapi CD-ROM atau DVD-ROM, tentunya mengistall Windows dengan Flashdisk bootable menjadi pilihan utama. 

Dari sekian artikel yang membahas cara membuat bootable USB umumnya mengharuskan anda untuk menggunakan software tambahan dalam proses pembuatannya. Akan tetapi melalui artikel ini anda cukup menggunakan cmd diskpart untuk membuat bootable USB flashdisk. 

Pertama anda siapkan terlebih dahulu USB Flashdisk yang akan digunakan file ISO instaler Windows 7. Jika diperlukan anda dapat menyiapkan satu software untuk meng-ekstrak atau mount file ISO seperti winrar, daemon tools, dan sejenisnya. Setelah semuanya disiapkan, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1.      Tancapkan flashdisk pada komputer, setelah terdeteksi silahkan buka Run (tekan win + R) > ketikkan diskpart > enter

Cara Install Windows dengan Flashdisk
Cara Install Netbook dengan Flashdisk
2.  Windows cmd diskpart akan terbuka. Ketikkan list disk > enter. Windows akan menampilkan setiap disk yang terhubung dengan komputer. Kenali dengan cermat disk anda dengan melihat ukuran (size) disk tersebut.
3.      Ketikkan select disk 1 (sesuaikan “1” dengan ID dari urutan disk USB flashdisk anda) > enter.
4.      Ketikkan clean> lalu enter (langkah ini digunakan untuk menghapus partisi, file sistem dan semua data yang tersimpan di dalam flash disk sehingga anda harus cermat dalam melakukan “Select disk” pada langkah 3)
5.    Langkah selanjutnya, ketikkan create partition primary > enter (anda harus pastikan bahwa proses pembuatan partisi berhasil)

Cara membuat Bootable USB Flashdisk
Cara membuat Bootable USB Flashdisk
6.     Aktifkan partisi dengan cara mengetikkan active > enter. Sebelum melanjutkan langkah berikutnya anda harus memastikan bahwa partisi berhasil di set active
7.   Kemudan ubah format partisi menjadi file system FAT32. ketikkan format fs=fat32 label=OS quick(ubah nama label sesuai keinginan) > enter. Ketikkan assign > enter. Jika langkah ini berhasil maka flashdisk anda sudah menjadi bootable. 
8.      Silahkan close window diskpart dengan mengetikkan exit > enter

Setelah selesai membuat flashdisk anda bootable maka langkah selanjutnya adalah mengisi flashdisk tersebut dengan file-file instalasi windows. Caranya, anda dapat melakukan ekstrak/mount file ISO instaler windows 7 dan copy semua isinya ke dalam flashdisk bootable. Bila semua file telah selesai dicopy maka flashdisk tersebut sudah siap digunakan untuk instalasi windows 7. 

Sekian artikel tentang Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait :
·         Cara Merakit Komputer

Kata kunci : cara install, windows 7, windows 8, windows xp, dengan flashdisk, tanpa software.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk"

Post a Comment