Pengertian Input Device


Pagi sahabat Teknologi, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Pengertian Input Device, Jenis-Jenis Input Device, dan Fungsi Input Device. Input Device adalah perangkat/komponen elektronika yang digunakan dalam suatu komputer untuk memasukan data ke dalam komputer. Data tersebut akan diolah dalam suatu memori dan prosesor sehingga menghasilkan informasi yang utuh.

Input Device merupakan satu bagian penting dalam sistem komputer sebagai pelengkap untuk memberikan suatu perintah ke dalam komputer tersebut, saya ambil contoh ketika anda ingin mematikan komputer, tentu anda akan melakukan shutdown dengan bantuan mouse atau keyboard sebagai perangkat input. Untuk mengetahui lebih detail tentang input device, berikut ulasannya ;
input device
Input Device
Berdasarkan Sifatnya Perangkat Input dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

Peralatan Input Langsung, yaitu Perangkat Input yang langsung diproses oleh Prossesor ketika pengguna memasukan perintah, seperti contohnya Keyboard, Mouse, Touch Screen, Light Pen, Digtizer Graphic Tablet,dan Scanner.

Peralatan Input Tidak Langsung, yaitu Perangkat Input yang tidak secara langsung diproses oleh Prosesor tetapi Peralatan Input yang harus melalui media tertentu sebelum nantinya akan diproses oleh Prossesor (baca : Pengertian dan Fungsi Prosesor), Contohnya Punched Card, Disket dan Harddisk.

Macam-macam Peralatan Input (Input Device)

1.      Keyboard,
Keyboard adalah Peralatan Input yang sangat Penting di dalam pengolahan data sebuah Komputer. Keyboard berfungsi untuk memasukan perintah berupa angka, huruf, karakter khusus dan symbol dan sebagai media bagi User untuk memasukan perintah perintah ke dalam Komputer, Keyboard Pertama kali diciptakan pada tahun 1868 oleh Cristopher Latham masih berupa mesin ketik, seiring perkembangannyan pada tahun 1887 Perusahaan Remington untuk pertama kalinya keyboard ini mulai dipasarkan untuk diperjual belikan. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, sejak tahun 1973 hingga sekarang Keyboard Jenis QWERTY ini menjadi keyboard resmi Standar ISO (International Standar Organization), Keyboard QWERTY  memiliki tombol yang berjumlah 104 yang terdiri atas tombol Huruf, Angka, dan Karakter Khusus, Jenis Port Keyboard Jenis ini juga beragam yaitu Port Serial, Ps 2, Wireless dan Usb yang sering digunakan.

Adapun jenis jenis Keyboard Seperti
-          QWERTY
-          DVORAK
-          KLOCKENBERG

Keyboard yang paling sering digunakan sekarang yaitu keyboard berjenis QWERTY, Karena keyboard jenis ini merupakan keyboard Standard dan paling mudah digunakan, Keyboard Jenis QWERTY memiliki Empat bagian yaitu :
·         Typewriter Key, yaitu tombol utama dalam Keyboard yang terdiri atas alphabet dan tombol-tombol lainya seperti :
-          Back Space, yaitu Tombol yang berfungsi untuk menghapus Karakter.
-          Delete, yaitu Tombol yang berfungsi untuk menghapus karakter pada posisi Kursor
-          Esc, yaitu Tombol yang berfungsi untuk membatalkan suatu perintah.
-     Caps Lock, yaitu Tombol yang berfungsi untuk mengkapitalkan Karakter begitu pula sebaliknya.
-          End, yaitu Tombol yang berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
-          Home, Toblol ini digunakan untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar.
-          Insert, Tombol ini digunakan untuk menyisipkan character.
-          Page Up, yaitu tombol yang digunakan untuk menggerakan cursor 1 ke atas.
-          Page Down, yaitu tombol yang berfungsi untuk menggerakan cursor 1 ke layar bawah.
-          Tab, merupaka Tombol yang berfungsi untuk memindahkan cursor 1 ke kanan.

·         FunctionKey, merupakan tombol pada Keyboard yang terletak pada bagian paling atas Keyboard, tombol tersebut terdiri atas tombol F1 – F12, fungsi berbeda-beda sesuai dengan Program yang digunakan dalam Komputer.

·         Special Function Key, yaitu tombol yang terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt yang berfungsi ketika ditekan bersamaan dengan tombol lainya, seperti contohnya membuat garis bawah (Underline) dengan menekan Ctrl + U dan lain sebagainya.

·         Numeric Key, yaitu Tombol yang terletak pada sebelah kanan Keyboard, Tombol ini terdiri atas angka dan arrow key, artinya jika lampu indicator num Lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka tetapi jika lampu indicator num Lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.


2.      Mouse, merupakan peralatan Input yang berfungsi untuk menggerarkan Pointer pada layar Monitor untuk menjalankan Icon maupun program yang tampil di layar Monitor.
Jenis-jenis Mouse juga beragam contohnya :
-          Serial
-          Ps 2
-          Dan USB

3.      Light Pen, adalah pointer elektronik yang biasa digunakan untuk memodifikasi atau mendesain gambar dengan layar monitor, Light Pen berfungsi dengan menggunakan sensor yang dapat mengirimkan sinyal berupa cahaya  ke komputer yang nantinya akan direkam dimana layar monitor bekerja dengan enam sinyal elektronik per baris per detik.

4.      Scanner, merupakan salah satu Unit masukan yang berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar maupun teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer (baca : Sejarah Perkembangan Memori) untuk selanjutnya akan disimpan ke dalam Harddisk, Fungsi Scanner hampir mirip dengan Mesin Fotocopy tetapi bedanya hasil dari Scanner berupa soft data dan dapat dilihat terlebih dahulu pada komputer.

5.      Joy Stick, merupakan Unit masuskan yang biasa digunakan pada permainan menggunakan Komputer, Joystick merupakan salah satu peralatan tambahan komputer dan biasanya berbentuk Stick yang sangat diperlukan dalam memainkan suatu game/permainan dalam komputer.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Input Device, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam Ilmu Komputer dan Teknologi.

Baca artikel terkait :
·         Pengertian client
·         Pengertian server
·         Pengertian client server
·         Cara Merakit Komputer

Kata Kunci :
Pengertian input device, macam macam input device, jenis jenis input device, input device, contoh input device, peralatan input, perangkat masukan, unit masukan, definisi input device, perangkat input  device

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Input Device"

Post a Comment