Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Pengertian Software atau Perangkat Lunak Komputer. Sahabat teknologi yang berbahagia, artikel kali ini akan membahas mengenai Pengertian Software. Di dalam dunia teknologi komputer kita sering mendengar istilah Software. Sebenarnya apa sih Software itu? Untuk mengetahui definisi atau pengertian dari Software silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.
Software (Perangkat Lunak) adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer tersebut dapat berupa program atau instruksi untuk menjalankan suatu perintah. Karena disebut juga sebagai Perangkat Lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware (perangkat keras). Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh secara fisik secara langsung oleh manusia, maka Software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun kita dapat mengoperasikannya.
Software Adalah
Software
Pembagian Software
Software dibagi menjadi dua :
      1.      Software (Perangkat Lunak) Sistem
      2.      Software (Perangkat Lunak) Aplikasi
 Untuk melihat lebih detail tentang pembagian software silakan lihat pembagian software di sini

Jenis-jenis Software
Berdasarkan distribusinya Software (Perangkat Lunak) komputer dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
1. Software berbayar, merupakan Perangkat Lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan Softwaretersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya
2.Software gratis atau free meliputi :
§  Freeware, atau Perangkat Lunakgratis yakni Perangkat Lunak komputer yang memiliki hak cipta tapi gratis digunakan tanpa batasan waktu.
§  Free Software, lebih mengarah pada kebebasan dalam penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, setiap pengguna bebas untuk mencoba Perangkat Lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari arti kebebasan tersebut. Sebagai contoh program-program di bawah GPL (sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas) Jadi free Software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi gratis dalam penggunaan dan distribusi.
§  Shareware, juga bebas tetapi ada batasan untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas yang didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari)
§  Dll

Sekian artikel tentang Pengertian Software (Perangkat Lunak) semoga bermanfaat.  

Baca artikel terkait :
·         Pengertian Client Server
·         Pengertian Hardware
·         Pengertian Software

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Software (Perangkat Lunak)"

Post a Comment