Kecanduan GAME dapat menyebabkan KEMATIAN

Kecanduan GAME dapat menyebabkan KEMATIAN- Sahabat gamers yang pasti suka main game. Ngeri ya baca judulnya? Pembahasan kali ini adalah tentang betapa bahayanya sobat gamers yang kecanduan game. Baik itu game online maupun game offline sama besar resikonya jika sobat cenderung berlebihan dalam memainkanya. Buat gamer, tangan dan hati sering kali susah untuk bisa meninggalkan game kesayangan walau hanya semenit. Hm, sobat sebaiknya mulai memasang pengaman ‘hati-hati’ karena resiko dan akibat dari kecanduan yang satu ini tidak langsung sobat rasakan dan sobat sadari. Berikut menurut para mantan game dan ahli dalam mengklasifikasikan resiko dari kecanduan game:
·Resiko kecanduan game ringan seperti lupa makan yang menyebabkan sakit perut dan maag, pusing/pening karena berada di depan monitor terlalu lama, sakit mata karena terlalu lama di depan layar monitor, keram atau pegal karena duduk yang terlalu lama dan tidak nyaman.

·Resiko kecanduan game berat seperti rabun karena sobat selalu berada di depan Komputer dalam jangka waktu yang lama, sakit pada tulang belakang karena posisi duduk yang tidak nyaman, kurang darah karena kurang istirahat dan jarang tidur (ngegame mulu)

Ternyata kalo resiko di atas diabaikan sobat gamer tentu akibatnya akan sangat fatal ‘Main game dapat menyebabkan kematian’ bayangkan saja kalo dua minggu hanya main game tanpa makan dan minum hehe… tapi tenang sobat gamer jangan panik dulu. Ada beberapa cara untuk mencegah bahaya dan resiko kecanduan game seperti yang ane sebutkan di atas, diantaranya; 

   1. Sakit mata:
o  Buat ruangan dengan cahaya yang agak gelap supaya tidak ada kontras cahaya. Buatlah layar setara dengan dengan mata agar kelopak mata tidak sakit.
o  Sesuaikan jarak antara mata dengan layar monitor.
o  Kurangi pencahayaan diruangan itu.
o  Atur kecerahan pada layar monitor.

   2. Sakit pada tulang belakang:
o  Jaga posisi duduk agar tidak terlalu membugkuk
o  Jangan terlalu lama duduk membungkuk.
o  Jangan berlama lama saat bermain game.

   3. Cedera serius, yang terjadi karena terlalu sering bermain game dengan posisi duduk yang tidak pas :
o  Jangan sering bermain game.
o  Jaga posisi saat bermain game.
o  Istirahat.

  4. Keram atau terkilir:
o  Jangan terlalu lama saat bermain game .
o  Usahakan posisi duduk nyaman

Selain beberapa tips di atas perlu sobat gamers sadari bahwa waktu yang sangat berharga harus dimanage sebaik mungkin agar tidak mengganggu kegiatan belajar dan berinteraksi sosial. Sekian artikel tentang ‘Kecanduan GAME dapat menyebabkan KEMATIAN’ semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecanduan GAME dapat menyebabkan KEMATIAN"

Post a Comment