Teknologi Tangan Palsu Robotik dengan Kekuatan Pikiran

Teknologi Tangan Palsu Robotik dengan Kekuatan Pikiran – Perkembangan teknologi robotic yang sangat pesat saat ini mulai merambah dunia kedokteran. Setelah berbagai macam robot dengan kemampuan canggih diciptakan. Saat ini teknologi robotik di dunia kedokteran telah mengembangkan anggota badan tiruan seperti tangan dan kaki.

Untuk memudahkan para penyandang cacat, laboratorium fisika terapan Johns Hopkins University, Amerika Serikat berhasil menciptakan Modular Prosthetics Limbs (MPL). Yaitu sebuah tangan robot yang dapat bergerak dengan kekuatan pikiran. 

Belakangan para ilmuwan tersebut diketahui tengah menguji coba alat ini kepada seorang penyandang cacat bernama Les Baugh. Baugh pernah kehilangan kedua tangannya saat kecelakaan 40 tahun lalu. Untuk menerapkan tangan robot tersebut, Baught harus melakukan serangkaian operasi guna membangkitkan kembali sistem syaraf tangannya yang telah mati.

Tangan robot ini dihubungkan langsung dengan tubuh Baugh, oleh karena itu ia perlu melakukan prosedur re-enverating yang diakui Baugh cukup menyakitkan. Setelah terpasang, alat tersebut akan mendeteksi berbagai aktivitas otot dan syaraf Baugh yang kemudian diterjemahkan menjadi gerakan tangan.

Percobaan dari prototype robot tersebut pun berjalan dengan lancar. Dan menurut hasil penelitian, Baugh kini dapat melakukan gerakan hingga 30 derajat dengan menggunakan kedua lengan robot tersebut. Baugh masih harus belajar dan menyesuaikan diri dengan kedua tangan robot tersebut melalui sistem virtual reality.

"Sungguh luar biasa bagaimana dia bisa mengontrol kedua MPL secara bersamaan," ujar Courtney Moran yang merupakan bagian dari laboratorium fisika terapan Johns Hopkins University.

Teknologi robot yang dikembangkan ini memang sangat canggih, akan tetapi tangan robot ini tetaplah buatan manusia yang tidak menandingi bahkan menyamai fungsi tangan ciptaan Allah SWT. Semoga kita menjadi insan yang amanah dan senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan Allah berupa anggota badan.

Tangan Palsu dengan Kekuatan Pikiran
Teknologi Tangan Palsu
Sumber:
http://m.infospesial.net/42905/imuwan-kembangkan-tangan-palsu-robotik-dengan-kekuatan-pikiran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Tangan Palsu Robotik dengan Kekuatan Pikiran"

Post a Comment