Cara Backup Data Dengan Google Drive

Cara Backup Data Dengan Google Drive. Pagi sahabat techno, di pagi yang segar ini ane menyuguhkan sarapan tips yang pasti akan sangat membantu sobat dalam melakukan beragam aktifitas sehari hari menggunakan ponsel android yang sobat miliki. Sering kali seorang pemilik ponsel android karena suatu alasan ingin melakukan Custom pada ROM android, melakukan flashing, atau aktifitas lain yang dapat membuat sistem pada ponsel android berubah.
Karena beberapa hal tersebut, sangat mungkin sobat akan kehilangan data. Tapi tenang, sobat hanya perlu melakukan back-up agar data penting yang sobat miliki tidak hilang. Backup data merupakan aktifitas yang dilakukan untuk mengamankan atau menyelamatan sejumlah data dengan cara memindahkan data tersebut ke media penyimpanan yang lain. Beberapa media penyimpanan seperti SD Card, Harddisk, Flashdisk sering dimanfaatkan untuk backup data. Selain itu sobat juga dapat memanfaatkan media penyimpanan online seperti google drive, dropbox, dan sejenisnya untuk backup data. Dengan backup data maka resiko kehilangan data penting yang sobat miliki dapat dihindari.
Berikut ini ane paparkan salah satu cara backup data secara online menggunakan google drive (melalui komputer) untuk langsung menggunakan ponsel, caranya juga hampir sama. Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah sobat memiliki akun google, misalkan saja anda membuat account email menggunakan Google mail (gmail), jadi jika sobat belum mempunyai akun google silahkan dibuat terlebih dahulu. Nhah, setelah itu anda masuk ke akun google menggunakan email, dan ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.      Klik icon Aplikasi yang ada di sebelah kanan atas > pilih 'Drive' untuk masuk ke google drive seperti pada gambar di bawah ini 


Cara Backup Data Dengan Google Drive

2.      Kemudian sobat bisa download aplikasi google drive dengan klik ‘download’ atau pilih ‘no thanks’ jika langsung ingin masuk ke google drive online.    

Cara Backup Data Dengan Google Drive

3.      Untuk mulai membackup data sobat bisa klik ‘drive saya’ > ‘unggah file’ > ‘pilih file yang akan di unggah dari ponsel Android sobat’ > ‘open’ > ‘tunggu sampai proses mengunggah selesai’
 
Cara Backup Data Dengan Google Drive
Pilih Drive Saya > Unggah File


Cara Backup Data Dengan Google Drive
Pilih Media Tempat File di Simpan
Cara Backup Data Dengan Google Drive
Pilih File yang akan dibackup
Cara Backup Data Dengan Google Drive
Tunggu sampai proses backup selesai
Selain melakukan backup data secara online, anda perlu juga menyimpan data cadangan di dalam media penyimpanan lain yang sudah ane sebutkan tadi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko-resiko tertentu, misalkan saja sobat tidak dapat mengakses data yang sudah disimpan secara online. 
Aplikasi tambahan untuk membantu pemindahan data mungkin akan sangat dibutuhkan. Banyak aplikasi untuk android yang dapat dimanfaatkan. Diantaranya, My Backup yang dapat dijalankan di hampir semua jenis android. Aplikasi lain yang juga populer, yaitu Titanium Back up, Mobile backup atau App backup and reinstall, dan lain-lain.
Sekian dulu sahabat techno artikel ane tentang Cara Backup data pada Android. baca juga cara instal android x86 pada virtualbox. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Backup Data Dengan Google Drive"

Post a Comment