Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Pengertian Hardware  (Perangkat Keras) - Hardware adalah salah satu komponen komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba secara langsung yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya (instruction set). Dengan adanya perintah tersebut maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan sesuai perintah.

Agar lebih jelas dan lebih mengetahui secara detail mengenai hardware, silahkan sahabat tekno baca lanjutan artikelnya.

Jika dilihat secara fisik, Sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Sehingga apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses lain yang ada pada komputer. Komponen komputer inilah yang termasuk di dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). 

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
Hardware Komputer
  1.  Input Divice (Unit Masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Beberapa hardware yang termasuk dalam Input device antara lain keyboard, mouse, touch pad, joystick, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner, microphone, game paddle, barcode dan lain-lain.

  2.  Process Device (Unit Pemrosesan)
Unit ini berfungsi sebagai pemroses data atau informasi yang dimasukkan melalui perangkat input. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section). Hasil proses ini nantinya akan ditampilkan melalui Output device atau akan disimpan dalam Unit penyimpanan.

  3. Output Device (Unit Keluaran)
Unit ini berfungsi untuk menampilkan hasil proses data yang terjadi pada Process Device, baik dalam bentuk tampilan teks/gambar/suara atau gabungan ketiganya. Output device terdiri dari monitor, printer, speaker, dan lain-lain

  4.  Backing Storage ( Unit Penyimpanan)
Unit ini berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukkan melalui input device atau  yang sudah diproses pada Process device. Unit penyimpanan ini terdiri dari Storage eksternal memory dan internal memory. Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.

  5.  Periferal ( unit Tambahan)
Komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan sebagai pelengkap perangkat yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini antara lain TV Tuner Card, Modem, Capture Card. 

Sekian sahabat tekno, semoga artikel tentang Pengertian Hardware (Perangkat Keras) ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hardware (Perangkat Keras)"

Post a Comment