Pengertian dan Cara kerja RAM

Pengertian RAM dan Cara kerja RAM - Assalamualaikum sahabat tekno, setelah mengumpulkan bahan akhirnya saya putuskan untuk menyusun sebuah artikel tentang RAM (Random Access Memory) beserta sejarah perkembangannya sampai saat ini.

Pengertian
RAM (baca : Sejarah Perkembangan RAM sampai tahun 2015) merupakan media penyimpanan data (memori) dan instruksi-instruksi sementara ketika sebuah system dalam perangkat komputer , gadget, smartphone, dll melakukan proses (eksekusi program) dan dapat diakses secara acak. Sehingga memungkinkan sebuah CPU (processor)  dapat mengakses data yang tersimpan sementara dalam RAM dengan cepat.

Pengertian RAM, Cara Kerja RAM, Pengertian Memori
RAM (Random Access Memory)
Lhoh kok bisa?
Katakanlah ketika anda membuka sebuah program aplikasi yang tersimpan dalam harddisk maka RAM inilah yang menampung dan menjembatani instruksi antara processor dan harddisk. Hal ini menjadikan aplikasi dapat bekerja lebih cepat.

Jika dianalogikan harddisk sebagai lemari arsip dan RAM sebagai meja kerja. Maka ketika anda bekerja dan membutuhkan sebagian dokumen penting yang tersimpan di dalam lemari arsip, anda akan mengambil dokumen penting tersebut dan meletakkannya di meja kerja. Hal ini tentu akan mempercepat dan memudahkan anda untuk menyelesaikan pekerjaan dari pada harus bolak-balik mengambil dokumen dari lemari arsip.

Cara Kerja
RAM digunakan untuk menyimpan data dan instruksi saat program bekerja. Data yang ada pada RAM bersifat sementara dan akan hilang bila catu daya dimatikan.

Teknologi RAM dapat dibagi menjadi dua, yaitu statik dan dinamik. RAM dinamik terdiri dari sel-sel yang menyimpan data sebagai muatan listrik pada kapasitor. Ada tidaknya muatan dilambangkan dalam bilangan biner 1 atau 0. Oleh karena itu kapasitor memiliki kecenderungan alami untuk mengosongkan muatan, RAM dinamik memerlukan pengisian muatan secara periodik untuk memelihara penyimpanan data. Pada RAM statik, nilai biner disimpan
menggunakan konfigurasi gatc logika flip-flop. Sehingga RAM menyimpan data hanya selama aliran daya diberikan padanya.

Sekian artikel tentang Pengertian dan Cara kerja RAM, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Cara kerja RAM"

Post a Comment