Pengertian Client Server

Client server adalah sebuah model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer yang berperan sebagai server untuk menyediakan dan memberikan resource (sumber daya)-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan. Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end.
Arsitecture Client Server
Pada artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai pengertian server dan pengertian client berserta fungsinya dalam suatu jaringan komputer (network). Sehingga memudahkan anda memahami model Client server ini.
Client Server

Selain diterapkan pada jaringan lokal (LAN), model ini juga dapat diterapkan dalam jaringan internet. Dimana terdapat suatu server yang hanya memberikan suatu layanan bagi komputer tertentu. Akses dilakukan secara transparan dari client dengan melakukan login terlebih dulu ke serveryang dituju.
Arsitecture Client Server

Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan serversesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator server. Aplikasi yang terdapat diserver akan berbeda dengan aplikasi client. Selain itu aplikasi yang dijalankan client, kemungkinan merupakan resource yang tersedia di server dan hanya bisa dijalankan setelah client terkoneksi ke server. Jadi sebenarnya sebuah aplikasi tersebut dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen client dan komponen server.
IT Infrastructure Diagrams

sekian artikel tentang Pengertian Client Server. Semoga bermanfaat.
Client Server

Rancangan Jaringan Client Server

Thin Client Server

Kata kunci yang sering dicari: Pengertian client server, client-server, model client server, arsiterktur client server, pengertian client server, client, server, perbedaan client server, fungsi client server, jaringan client server, implementasi client server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Client Server"

Post a Comment