Perbedaan Teknologi GSM dan CDMA

Perbedaan GSM dan CDMA. Pagi sahabat tekno, sambil minum teh dan mendengarkan lagu pop hits Indonesia kurang rasanya tanpa menggerakan jari-jemari ini pada keyboard. Sebenarnya apa Perbedaan antara Teknologi GSM dan CDMA. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa teknologi komunikasi di belahan bumi manapun saat ini berkembang sebegitu cepatnya. Secepat berjalannya waktu kalo ane boleh bilang. Persaingan inovasi dalam menciptakan alat komunikasi yang canggih pun kian ramai. Beberapa produk alat komunikasi yang populer saat ini seperti ponsel, smartphone, dan tablet juga kian gencar dipromosikan. Hmm,..

Pasti sobat pernah denger istilah GSM atau CDMA dalam teknologi yang dimanfaatkan alat komunikasi tersebut. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, istilah GSM terdengar lebih familiar dibandingkan dengan CDMA. Hal ini mungkin dikarenakan kiprah dari pemanfaatan teknologi GSM yang lebih dulu diterapkan di negara kita tercinta. Tapi untuk saat ini pemanfaatan teknologi CDMA juga semakin bertambah peminatnya. Sebenarnya apa sih perbedaan teknologi GSM dengan CDMA?

Perlu sobat ketahui bahwa dalam setiap sistem komunikasi saat ini dimungkinkan lebih dari dua orang melakukan sambungan komunikasi pada satu waktu bersamaan. Tapi, tentu saja setiap sambungan (komunikasi telepon, misalnya) membutuhkan satu jalur tersendiri agar tidak saling mengganggu antara satu jalur dengan jalur lain. Konsep inilah dikenal dengan istilah multiple access. Inilah yang menjadi pembeda utama antara GSM dan CDMA.

Perbedaan Teknologi GSM dan CDMA
Teknologi CDMA



Teknologi GSM (Global System for Mobile), menggunakann metode TDMA (Time Division Multiple Access) yaitu suatu metode yang menggunakan waktu untuk membentuk jalur dalam setiap sambungan komunikasi. Misalnya sobat ingin melakukan komunikasi menggunakan ponsel, maka tiap sambungan akan mendapat slot waktu sendiri untuk sambungan tersebut. Jadi, ponsel sobat hanya dapat mengirim data GSM pada slot waktu yang sudah ditentukan. Sedangkan,

Teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) yaitu suatu metode dengan memanfaatkan kode unik yang dimiliki setiap ponsel. Saat sobat melakukan sambungan komunikasi (telepon), kode unik inilah yang nantinya digunakan untuk mengatur paket data CDMA. Jadi, teman sobat yang menerima sambungan telepon juga hanya akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan oleh sobat.

Berikut ini ane sertakan sebuah tabel yang memuat kelebihan dari teknologi GSM dan CDMA ini;

Kelebihan GSM
Kelebihan CDMA
Kenyamanan dalam berkomunikasi karena suara yang dihasilkan dari jaringan GSM lebih nyaring dan jelas.
CDMA menggunakan kode khusus sehingga jaringan komunikasi tidak mudah disadap. Artinya CDMA memiliki keamanan yang baik.
Banyak Provider telekomunikasi di Indonesia yang menggunakan teknologi GSM. Misalnya saja Indosat, Telkomsel, XL, dll. Sehingga ketika sobat punya ponsel GSM mempunya banyak pilihan untuk mengganti SIM Card
Karena menggunakan suatu kode, dalam komunikasi CDMA ibarat sebuah bus (wadah) yang ditumpangi oleh banyak orang. Karena kode tiap ponsel berbeda, maka pengguna bebas melakukan komunikasi dengan yang lain menggunakan kode unik tadi.
  
Sekian artikel tentang Perbedaan teknologi GSM dan CDMA, baca juga tips merakit komputer semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Teknologi GSM dan CDMA"

Post a Comment