Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Emang ada pengaruhnya ya terlalu lama di depan komputer? bagisahabat semua yang kebiasaan sehari-harinya selalu berinteraksi dengan komputer, perlu diketahui bahwa terlalu lama di depan layar monitor komputer dapat menimbulkan efek negatif  bagi kesehatan. 

Pada perkembangan tekhnologi yang tahun 2015 (dua pekan lagi) direncanakan memasuki era Internet of  Think, kebutuhan akan internet dan komputer semakin meningkat sehingga waktu duduk untuk interaksi antara manusia dengan komputer akan semakin lama. Menurut para ahli,bekerja di depan komputer sama berbahayanya dengan para pecandu rokok. Lhoh kok bisa? Hmmm, tak lebih karena interaksi ini dapat menimbulkan berbagaipenyakit.


Kira-kira penyakit apa saja sih yang ditimbulkan karena terlalu lama duduk di depan komputer? Yuk kita simak… 10 resiko jika terlalu lama di depan komputer

1)   Kanker usus,
Hal ini diketahui saat seseorang yang telah bekerja di depan komputer selama sepuluh tahun, maka peluang mengidap kanker usus akan terjadi 2 kali lipat lebih tinggi.
2)    Serangan jantung,
Para ahli percaya bahwa jika mata memandang komputer lebih 11 jam maka kemungkinan penyakit jantung menyerang orang tersebut adalah 67 persen .
3)    Kerusakan mata,
Hal ini terjadi karena terlalu lama menatap layar monitor yang mengandung radiasi dan sangat berbahaya bagi kesehatan mata sehinggaakan menyebabkan penglihatan menjadi kabur.
4)    Penggumpalan darah,
Hal ini dikarenakan saat terlalu lama duduk di depan komputer sehingga dapat terkena resiko trombosit.
5)    Gemuk,
Jika terlalu lama duduk didepan komputer maka akan menyebabkan lingkar pinggang menjadi besar yang banyak menimbun kolestrol jahat di dalam tubuh.  Saat seseorang berdiri satu menit saja ketika berada di depan komputer maka kegiatan tersebut akan mengurangi resiko terkena penyakit ini.
6)    Sakit punggung,
Hal ini dikarenakan sobat terlalu membungkuk saat asyik bermain komputer sehingga menyebabkan terjadinya pembengkokan dan sakit pada bagian punggung.
7)    Sakit  kepala,
Hal ini dikarenakan cahya layar monitor sobat yang terlalu jelas/terang dan dilihat menggunakan mata secara langsung maka lama kelamaan sobat akan merasakan pusing.
8)    Demensia,
Yaitu gangguan kognitif seperti  penurunan kemampuan mental, gangguan ingatan serta fikiran karena kemampuan memori otak mengalami penurunan.  
9)    Radiasi listrik,
Hal ini terjadi karena banyaknya semua perangkat yang sobat manfaatkan saat asyik di depan komputer semuanya menggunakan sumber energy listrik. Para ahli mengemukakan bahwa setelah terkena radiasi listrik umumnya seseorang mersa gatal gatal.
10)    Bahaya dari keyboard,
Para ahli mengemukkan bahwa keyboard juga dapat membahayakan seseorang, hal ini disebabkan karena bakteri dapat menempel di papan ketik tersebut apabila keyboard tidak sering dibersihkan.

Oooh begitu… tenyata terlalu lama di depan komputer sangat berbaya juga ya bagi kesehatan. Maka dari itu saat di depan komputer sebaiknya jangan terlalu lama supaya tidak terkena efek negatife tersebut. Segini dulu sobat tekhno artikel tentang Akibat terlalu lama di depan komputer. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer"

Post a Comment