Pengertian Fungsi dan Jenis Prosesor

Apa Pengertian Prosesor? Prosesor adalah sebuah chip IC (Integrated Circuit) yang mengontrol seluruh proses yang ada pada sistem komputer. Prosesormerupakan pusat dari kinerja perangkat komputer yang lain dalam melakukan proses perhitungan maupun menjalankan tugas input output. Satuan kecepatan Prosesoradalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz). Semakin besar kecepatan suatu Prosesormaka semakin cepat pula proses kinerja komputer. Prosesor yang handal tentu harus didukung oleh kemampuan perangkat lain dalam sistem komputer. Salah pendukung kinerja prosesor adalah kapasitas RAM (random access memory) sehingga jika kapasitas RAM sesuai dengan kemampuan prosesor maka setiap instruksi dapat diproses dengan cepat. 
Fungsi Prosesor
Prosesor
Prosesor juga sebagai CPU (central processing unit) yang ditempatkan pada soket motherboard. Prosesor juga dapat diganti dengan prosesor jenis  lain dengan syarat socket dan sistem pada motherboard mendukung arsitektur prosesor tersebut. Kecepatan prosesortentu sangat mempengaruhi kecepatan komputer secara signifikan karena benda satu merupakan pusat pengolahan data. 

Saat ini, prosesor juga dikenal dengan istilah microprosesor. Disebut microprosesor karena ukurannya yang sangat kecil secara fisik namun memiliki kecepatan proses yang besar.

PEMBAGIAN PROSESOR

Prosesor terdiri dari tiga bagian penting, yaitu:

Arithmatics Logical Unit (ALU)
Bagian ini berfungsi untuk melakukan proses perhitungan aritmatika dan logika.

Control Unit (CU)
Bagian ini berfungsi untuk memberikan kendali atau kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU.

Memori Unit (MU)
Bagian ini berfungsi sebagai alat penyimpanan data atau informasi pada system komputer.
Banyak perusahaan mengembangkan prosesordengan merk yang berbeda, 2 merek yang terkenal di Indonesia adalah Intel dan AMD. Beberapa merek lain yang juga ramai bersaing seperti Cyrix dari VIA, IBM PowerPC, IDT dan Apple.

JENIS-JENIS PROSESOR
 
Berdasarkan jumlah inti prosesor, maka prosesor dibagi menjadi dua macam, yaitu single core dan multi core :

Single core adalah microprosesoryang hanya memiliki satu bagian inti pemrosesan. Prosesor jenis banyak digunakan sebelum tahun 2004. Sehingga pada kurun waktu tersebut, untuk mendapatkan hasil komputasi yang lebih besar dilakukan dengan mengganti motherboard yang mendukung dua prosesor.

Multi core adalah microprosesoryang memiliki lebih dari satu bagian inti pemrosesan. Umumnya inti prosesorini berjumlah genap atau kelipatan dua. Misalnya dua inti (dual core), empat inti (quad core). Salah satu kelebihan multicore adalah pemrosesan menjadi lebih cepat karena kinerjanya dibagi dalam dua inti yang berbeda sehingga mendapatkan hasil yang paralel.
Prosesor Multi Core
Multi core (Dual Core)


Quad Core Processor
Multi core (Quad Core)
Berdasarkan penggunaannya, microprosesordibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

Prosesor untuk desktop PC dan workstation. Prosesor dengan single core pada awalnya mendominasi, namun saat ini banyak prosesor multi core yang masuk ke segmen pasar ini. Salah satu keunggulannya adalah adanya fitur pemrosesan grafis untuk membantu kartu grafis (VGA CARD). Contoh prosesor untuk desktop dan workstation adalah AMD Athlon X2, Intel Core i3, i5, i7, i9 dan lain sebagainya.
Core i3 Processor
Prosesor Core i3

Core i5 Processor
Prosesor Core i5

Core i7 Processor
Prosesor Core i7


Core i9 Processor
Prosesor Core i9
Prosesor untuk server. Prosesoruntuk server biasanya memiliki kapasitas memori level 2 (L2 Cache) yang lebih besar daripada prosesor untuk desktop. Prosesor untuk server memang sangat terbatas yang pembuatannya difokuskan bekerja pada lingkungan pengolahan data yang cepat. Contoh prosesor untuk server adalah Intel Xeon dan AMD Opteron.
AMD Opteron Processor
Prosesor AMD Opteron

Xeon Processor
Prosesor Intel Xeon
Prosesor untuk mobile devices. Prosesorjenis ini lebih menekankan pada pemakaian hemat energy, ukuran serta emisi panas yang minimal. Hal ini dikarenakan catu daya mobile devices adalah baterai yang memiliki kapasitas terbatas. Contoh prosesor untuk mobile device adalah VIA APC, ARM Cortex, dan lain-lain.
ARM Cortex Processor
Prosesor ARM Cortex
Sekian artikel tentang Pengertian Fungsi dan Jenis Prosesor. Baca artikel menarik lainnya : pengertian hardware, pengertian software, pengertian client server. Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari:
Pengertian prosesor, fungsi prosesor, jenis prosesor, jenis-jenis prosesor, prosesor adalah, prosesor merupakan, pembagian prosesor, macam-macam prosesor, single core processor, multi core processor, prosesor dual core, prosesor quat core, fungsi prosesor adalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fungsi dan Jenis Prosesor"

Post a Comment