Cara Installasi Mikrotik Router PC


Apa kabar sahabat teknologi? kali ini saya akan membahas tutorial atau panduan Cara Install Mikrotik sebagai PC Router. Bagi sahabat teknologi yang ingin belajar installasi maupun konfigurasi router PC menggunakan sistem operasi mikrotik, anda dapat mengikuti langkah-langkah instalasi Router PC Mikrotik berikut ini : 

1.    Pertama-tama siapkan CD instalasi mikrotik. Untuk membuat Router PC anda tidak memerlukan spesifikasi komputer yang hebat karena komputer Pentium pun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bahan belajar. Yang penting anda harus memasang minimal 2 LAN Card. Setelah lengkap, silahkan ikuti langkah selanjutnya.
2.   Nyalakan komputer dan ubah setting boot priority melalui Bios. Untuk masuk ke Bios anda dapat menekan Delete, F2 atau tombol keyboard lain sesuai Merk Biosnya. Ubah first boot nya menjadi CD/DVD second boot Harddisk. Masukkan CD installer Mikrotik kemudian Tekan F10 untuk menyimpan perubahan pengaturan sekaligus merestart komputer.
3. Selanjutnya komputer akan booting melalui CD/DVD dan meng-eksekusi file-file di dalam CD installer Mikrotik, untuk memulai instalasi silahkan tekan tombol ( A ) pada Keyboard untuk memilih semua menu konfigurasi yang ada. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
Konfigurasi Router PC Mikrotik
Tekan tombal A pada Keyboard
4.  Untuk memulai proses instalasi silahkan tekan tombol (i) pada Keyboard.
5.  Tekan tombol (Y) pada papan ketik untuk melanjutkan proses instalasi. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
Konfigurasi Router PC Mikrotik
Tekan Y untuk melanjutkan Instalasi
6.   Setelah langkah di atas proses instalasi mikrotik selesai. Sebelum anda reboot, terlebih dahulu anda harus melepaskan atau mengeluarkan CD/DVD Installer Mikrotik agar komputer langsung booting melalui harddisk yang sudah di install mikrotik.
7.   Anda dapat masuk ke dalam sistem mikrotik dengan login sebagai admin dengan password dikosongi.
Konfigurasi Router PC Mikrotik
Login Mikrotik
Router PC Mikrotik
PC Router Mikrotik
8.      Selamat, anda telah berhasil melakukan installasi mikrotik.

Sekian tutorial/panduan tentang Cara Instal Mikrotik sebagai Router PC. Semoga bermanfaat bagi semua.

Baca artikel terkait :
·           Cara Merakit Komputer

Kata kunci : Cara install, cara installasi mikrotik, router PC mikrotik, install mikrotik sebagai router PC.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Installasi Mikrotik Router PC"

Post a Comment